PEMBELAJARAN
AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF dan MENYENANGKAN
Oleh: Isca Devi Triana
Sebuah
bangsa yang besarbukanlah bangsa yang banyak penduduknya, tetapo bangsa yang
besar adalah jika elemen masyarakatnya berpendidikan dan mampu memajukan
negaranya. Pendidikan adalah kkunci semua kemajuan dan perkembangan yang
berkualitas sebab dengan pendidikan manusia dapat mewujudkan semua potensi
dirinya baik sebagai pribadi maupun sebagai warga masyarakat. Dalam rangka
mewujudkan potensi diri menjadi kompetensi yang beragam. Harus melewati proses
pendidikan yang di impelementasikan dalam proses pembelajaran.
Berlangsungnya proses pembelajaran
aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan tidak terlepas dengan lingkungan
sekitar. Sesungguhnya pembelajaran tidak terbatas pada empat dinding kelas.
Pembelajaran dengan pendekatann lingkungan menghapus penjenuhan dan menciptakan
peserta didik yang cinta lingkungan.
Berdasarkan teori belajar, melalui
pendekatan lingkungan pembelajaran menjadi bermakna. Sikap verbalisme siswa
terhadap penguasaan konsep dapat diminimalkan dan pemahaman siswa akan membekas
dalam ingatanya. Buah proses pendidikan dan pembelajaran akhirnya akan bermuara
pada lingkungan. Manfaat keberhasilan pembelajaran akan terasa manakala apa
yang di peroleh dari pembelajaran dapat di impementasikan dalam realitas
kehidupan. Inilah salah satu sisi positif yang melatarbelakangi pembelajaran
dengan pendekatan lingkungan.
Model pembelajaran dengan pendekatan
lingkungan, bukan merupakan pendekatan pembelajaran yang baru, melainkan sudah
dikenal dan popular, hanya sering terlupakan. Adapun yang dimaksud dengan
pendekatan lingkungan adalah suatu strategi pembelajaran yang memanfaatkan
lingkungan sasaran , sumber, dan sarana belajar. Hal tersebut dapat di
manfaatkan untuk memecahkan masalah lingkungan dan menanamkan sikap cinta
lingkungan.
Pembelajaran pendekatan lingkungan
sangat efektif diterapkan di sekolah dasar. Hal ini relevan dengan perkembangan
intelektual usia sekolah dasar (7-11 tahun) berada pada tahap operasional
konkrit menurut Piaget. Hal senada di katakana Margaretha S.Y, ahwa
kecenderungan siswa sekolah dasar yang senang bermain dan bergerak menyebabkan
anak-anak lebih menyukai belajar lewat eksplorasi dan penyelidikan di luar
ruang kelas.
Pembelajaran lingkungan sekitar
siswa dapat dengan mudah dikuasai oleh siswa melalui pengamatan pada situasi
yang konkrit yang menitik beratkan pada kreativitas siswa. Dampak positif
diterapkanya pendekatan lingkungan adalah siswa dapat terpacu sikap rasa
keingintahuanya tentang sesuatu yang ada di lingkungan sekitarnya. Seandainya
kita renungi empat pilar pendidikan
yakni learning to know
(belajar untuk mengetahui), learning to
be (belajar untuk menjadi jati diri), learning
to do (belajar untuk mengerjakan sesuatu), learning to life together (belajar untuk bekerja sama) dapat
dilaksanakan melalui pembelajaran dengan pendekatan lingkungan yang di kemas
secara praktis untuk kebaikan siswa.
Seorang siswa boleh saja berpikir
secara komprehensif, tetapi mereka harus bertindak secara local. Artinya,
setiap siswa perlu belajar apapun yang
ingin di pelajarinya, walaupun mencari hikmah dari berbagai macam pengalaman
bangsa-bangsa lain di seluruh dunia, namun pengetahuan tentang pengalaman
bangsa-bangsa lain tersebut di jadikan sebagai pembelajaran dalam tindakan di
lingkungan secara local. Pada cara kerja seperti itu, kita tidak perlu
melakukan hal-hal yang tidak perlu yang berkepanjangan, melainkan kita belajar
dari kesalahan-kesalahan orang lain, sementara kita sekedar menerusakn kerja
dari contoh yag benar dan dapat di pertanggungjawabkan.
Melihat proses bekerja dan belajar
yang berbasis lingkungan sekitar memberikan nilai yang positif, baik bagi
pembelajar itu sendiri maupun bagi lingkungan sekitar. Katakana pada saat belajar
ilmu sosial dan ekonomi, maka lingkungan sosial dan ekonomi sekitar dapat
menjadi laboratorium alam.
Pembelajaran ini dapat di lakukan sembari melakukan pemberdayaan terhadap
kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat, sementara si pembelajar dapat melakukan
proses pembelajaran dengan lebih baik dan efisien.
Penerapan
Penerapan pembelajaran aktif
inovatif kreatif efektif dan menyenangkan dala proses pembelajaran harus di
praktikkan dengan benar. Secara garis besar, dapat di gambarkan sebagai
berikut:
- Siswa langsung terlibat ke dalam berbagai kegiatan yang mengembangkan pemahaman dan kemampuan mereka dengan penekanan pada belajar melalui praktik.
- Guru di tuntut menggunakan berbagai alat bantu dsn berbagai cara dalam membangkitkan semangat, termasuk menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar untuk menjadikan pembelajaran menarik, menyenangkan dan cocok bagi siswa.
- Guru harus bias menagtur kelas dengan berbagai variasi seperti memajang buku-buku dan bahan belajar yang lebih menarik dan menyediakan alat-alat pembelajaran.
- Guru menerapkan tentang cara mengajar yang lebih kooperatif dan interaktif, termasuk cara belajar dalam segala suasana.
- Guru mendorong memberikan motivasi siswa untuk menemukan caranya sendiri dalam pemecahan suatu masalah, untuk mengungkapkan gagasanya, dan melibatkan siswa dalam menciptakan lingkungan sekolahnya.
Pembelajaran
aktif inovatif kreatif efektif dan menyenangkan di perlihatkan dan di praktikan
dengan berbagai kegiatan yang terjadi selama kegiatan mengajar brlajar (KMB). Pada
saat yang sama, gambaran tersebut menunjukan kemampuan yang perlu di kuasai
guru untuk menciptakan keadaan tersebut.
Di
kutip dari
Buku Proses Pembelajaran Karangan Sofan Amri,
S.Pd & Iif Khoiru Ahmadi, S.Pd., M.Pd
1 komentar:
coin casino review - 100% bonus up to €200 + 200 FS
› casino-reviews › casino-reviews Jun 17, 2021 — Jun 17, 2021 Bonus and deposit. All that's required is to start gambling on Coin Casino and collect a valid bonus. All that's required is to start gambling on Coin Casino and collect a valid bonus. All that's required is 인카지노 to start gambling on Coin Casino and collect a valid bonus. All that's required is to start gambling on Coin Casino and collect a valid bonus. All that's required is to start gambling on Coin Casino and collect a valid bonus. All that's 온카지노 required is to start gambling on Coin Casino and collect a valid bonus. All that's required is to start gambling on Coin Casino and collect a valid bonus. All that's required 바카라 사이트 is to start gambling on Coin Casino and collect a valid bonus. All that's required is to start gambling on Coin Casino
Posting Komentar