RSS

PAIKEM



PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF dan MENYENANGKAN
Oleh: Isca Devi Triana
      Sebuah bangsa yang besarbukanlah bangsa yang banyak penduduknya, tetapo bangsa yang besar adalah jika elemen masyarakatnya berpendidikan dan mampu memajukan negaranya. Pendidikan adalah kkunci semua kemajuan dan perkembangan yang berkualitas sebab dengan pendidikan manusia dapat mewujudkan semua potensi dirinya baik sebagai pribadi maupun sebagai warga masyarakat. Dalam rangka mewujudkan potensi diri menjadi kompetensi yang beragam. Harus melewati proses pendidikan yang di impelementasikan dalam proses pembelajaran.
    Berlangsungnya proses pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan tidak terlepas dengan lingkungan sekitar. Sesungguhnya pembelajaran tidak terbatas pada empat dinding kelas. Pembelajaran dengan pendekatann lingkungan menghapus penjenuhan dan menciptakan peserta didik yang cinta lingkungan.
   Berdasarkan teori belajar, melalui pendekatan lingkungan pembelajaran menjadi bermakna. Sikap verbalisme siswa terhadap penguasaan konsep dapat diminimalkan dan pemahaman siswa akan membekas dalam ingatanya. Buah proses pendidikan dan pembelajaran akhirnya akan bermuara pada lingkungan. Manfaat keberhasilan pembelajaran akan terasa manakala apa yang di peroleh dari pembelajaran dapat di impementasikan dalam realitas kehidupan. Inilah salah satu sisi positif yang melatarbelakangi pembelajaran dengan pendekatan lingkungan.
       Model pembelajaran dengan pendekatan lingkungan, bukan merupakan pendekatan pembelajaran yang baru, melainkan sudah dikenal dan popular, hanya sering terlupakan. Adapun yang dimaksud dengan pendekatan lingkungan adalah suatu strategi pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sasaran , sumber, dan sarana belajar. Hal tersebut dapat di manfaatkan untuk memecahkan masalah lingkungan dan menanamkan sikap cinta lingkungan.
       Pembelajaran pendekatan lingkungan sangat efektif diterapkan di sekolah dasar. Hal ini relevan dengan perkembangan intelektual usia sekolah dasar (7-11 tahun) berada pada tahap operasional konkrit menurut Piaget. Hal senada di katakana Margaretha S.Y, ahwa kecenderungan siswa sekolah dasar yang senang bermain dan bergerak menyebabkan anak-anak lebih menyukai belajar lewat eksplorasi dan penyelidikan di luar ruang kelas.
      Pembelajaran lingkungan sekitar siswa dapat dengan mudah dikuasai oleh siswa melalui pengamatan pada situasi yang konkrit yang menitik beratkan pada kreativitas siswa. Dampak positif diterapkanya pendekatan lingkungan adalah siswa dapat terpacu sikap rasa keingintahuanya tentang sesuatu yang ada di lingkungan sekitarnya. Seandainya kita renungi empat pilar pendidikan  yakni learning to know (belajar untuk mengetahui), learning to be (belajar untuk menjadi jati diri), learning to do (belajar untuk mengerjakan sesuatu), learning to life together (belajar untuk bekerja sama) dapat dilaksanakan melalui pembelajaran dengan pendekatan lingkungan yang di kemas secara praktis untuk kebaikan siswa.
    Seorang siswa boleh saja berpikir secara komprehensif, tetapi mereka harus bertindak secara local. Artinya, setiap siswa perlu belajar apapun  yang ingin di pelajarinya, walaupun mencari hikmah dari berbagai macam pengalaman bangsa-bangsa lain di seluruh dunia, namun pengetahuan tentang pengalaman bangsa-bangsa lain tersebut di jadikan sebagai pembelajaran dalam tindakan di lingkungan secara local. Pada cara kerja seperti itu, kita tidak perlu melakukan hal-hal yang tidak perlu yang berkepanjangan, melainkan kita belajar dari kesalahan-kesalahan orang lain, sementara kita sekedar menerusakn kerja dari contoh yag benar dan dapat di pertanggungjawabkan.
      Melihat proses bekerja dan belajar yang berbasis lingkungan sekitar memberikan nilai yang positif, baik bagi pembelajar itu sendiri maupun bagi lingkungan sekitar. Katakana pada saat belajar ilmu sosial dan ekonomi, maka lingkungan sosial dan ekonomi sekitar dapat menjadi laboratorium alam. Pembelajaran ini dapat di lakukan sembari melakukan pemberdayaan terhadap kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat, sementara si pembelajar dapat melakukan proses pembelajaran dengan lebih baik dan efisien.
Penerapan
      Penerapan pembelajaran aktif inovatif kreatif efektif dan menyenangkan dala proses pembelajaran harus di praktikkan dengan benar. Secara garis besar, dapat di gambarkan sebagai berikut:
  1.   Siswa langsung terlibat ke dalam berbagai kegiatan yang mengembangkan pemahaman dan kemampuan mereka dengan penekanan pada belajar melalui praktik.
  2.  Guru di tuntut menggunakan berbagai alat bantu dsn berbagai cara dalam membangkitkan semangat, termasuk menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar untuk menjadikan pembelajaran menarik, menyenangkan dan cocok bagi siswa.
  3. Guru harus bias menagtur kelas dengan berbagai variasi seperti memajang buku-buku dan bahan belajar yang lebih menarik dan menyediakan alat-alat pembelajaran.
  4. Guru menerapkan tentang cara mengajar yang lebih kooperatif dan interaktif, termasuk cara belajar dalam segala suasana.
  5. Guru mendorong memberikan motivasi siswa untuk menemukan caranya sendiri dalam pemecahan suatu masalah, untuk mengungkapkan gagasanya, dan melibatkan siswa dalam menciptakan lingkungan sekolahnya.
Pembelajaran aktif inovatif kreatif efektif dan menyenangkan di perlihatkan dan di praktikan dengan berbagai kegiatan yang terjadi selama kegiatan mengajar brlajar (KMB). Pada saat yang sama, gambaran tersebut menunjukan kemampuan yang perlu di kuasai guru untuk menciptakan keadaan tersebut.
            Di kutip dari
 Buku Proses Pembelajaran Karangan Sofan Amri, S.Pd & Iif Khoiru Ahmadi, S.Pd., M.Pd

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Anonim mengatakan...

coin casino review - 100% bonus up to €200 + 200 FS
› casino-reviews › casino-reviews Jun 17, 2021 — Jun 17, 2021 Bonus and deposit. All that's required is to start gambling on Coin Casino and collect a valid bonus. All that's required is to start gambling on Coin Casino and collect a valid bonus. All that's required is 인카지노 to start gambling on Coin Casino and collect a valid bonus. All that's required is to start gambling on Coin Casino and collect a valid bonus. All that's required is to start gambling on Coin Casino and collect a valid bonus. All that's 온카지노 required is to start gambling on Coin Casino and collect a valid bonus. All that's required is to start gambling on Coin Casino and collect a valid bonus. All that's required 바카라 사이트 is to start gambling on Coin Casino and collect a valid bonus. All that's required is to start gambling on Coin Casino

Posting Komentar